Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 19 Mei 2013

gelombang pada tali



  1. Tujuan
Mengamati gelombang pada tali

  1. Dasar Teori
Gelombang adalah getaran yang merambat. Di dalam perambatannya tidak diikuti oleh berpindahnya partikel-partikel perantaranya. Pada hakekatnya gelombang merupakan rambatan energi (energi getaran).
            Macam-macam gelombang 
            Menurut arah getarnya:
· Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh: gelombang pada tali , gelombang permukaan air, gelobang cahaya, dll.
· Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar atau berimpit dengan arah rambatannya. Contoh: gelombang bunyi dan gelombang pada pegas. 
Menurut amplitudo dan fasenya :
· Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya sama di setiap titik yang dilalui gelombng.
· Gelombng diam (stasioner) adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya berubah (tidak sama) di setiap titik yang dilalui gelombang.
Menurut medium perantaranya:
· Gelombang mekanik adalah gelombang yang didalam perambatannya memerlukan medium perantara. Hampir semua gelombang merupakan gelombang mekanik
· Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang didalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Contoh : sinar gamma (γ), sinar X, sinar ultra violet, cahaya tampak, infra merah, gelombang radar, gelombang TV, gelombang radio.

C. Alat dan Bahan
·  seutas tali kurang lebih 3 meter
·  potongan kertas

D. Langkah Kerja
1.      Mengikatkan salah satu ujung tali pada tiang.
2.     Memegang ujung tali yang lain, kemudian memberikan gangguan dengan menggerakkan tali naik turun dan mengamati apa yang terjadi.
3.      Menempelkan potongan kertas pada tali, kemudian mengganggu tali sekali lagi. Dan mengamatinya.

E. Pembahasan
     Pada percobaan ini, saat seutas tali yang salah satu ujungnya di ikatkan tiang dan satu ujung lainnya di pegang dan diberikan gangguan dengan menggerakkannya naik turun, maka partikel tali akan bergerak naik turun, seperti nterlihat pada gambar dibawah ini :


      Kemudian gerak naik turun ini akan merambat ke ujung tali yang di ikatkan pada tiang. Peristiwa ini disebut gelombang. Gelombang terjadi karena adanya energi, yaitu energi yang diberikan oleh tangan pada partikel tali dan dipindahkan dari ujung tali yang di pegang tangan ke ujung tali yang di ikatkan pada tiang. Gerak naik turun (bolak-balik) pada tali merupakan sebuah bentuk getaran. Dengan demikian getaran adalah sumber gelombang. Selanjutnya kami tempelkan potongan kertas pada tali, dan kami ganggu sekali lagi tali tersebut dengan menggerakkannya naik turun. Dan ternyata potongan kertas tersebut tida ikut bergerak ke ujung tali yang di ikatkan pada tiang. Hal ini menunjukkan bahwa partikel kertas tidak ikut bergerak bersama energi yang bergerak. Energi tersebut berpindah melalui partikel tali tanpa membawa partikel kertas bersamanya. Dengan demikian gelombang merupakan getaran yang merambat tanpa membawa partikel medium bersamanya. Suatu lonjakkan gelombang di bentuk dengan tangan yang di gerakkan ke atas-bawah (naik-turun) pada ujung tali secara cepat. Ketika tangan menarik satu ujung tali ke atas, maka potongan tali ini juga merasakan gaya ke atas. Karena potongan tali yang ada di ujung bersambungan dengan potongan tali berikutnya, akhitnya tali ini mulai bergerak ke atas. Sementara setiap potongan tali berikutnya bergerak ke atas, ujung sudah dikembalikan ke posisi semula dengan tangan yang bergerak ke bawah. Sementara itu setiap potongan tali berikutnya mencapai posisi puncaknya, tali tersebut ditarik lagi ke bawah oleh potongan tali sebelumnya.

Kesimpulan
Berdasarkan percobaan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1.      Usikan menimbulkan getaran
2.      Arah getar gelombang tegak lurus terhadap arah rambatnya.
3.      Gelombang merupakan getaran yang merambat tanpa membawa partikel medium bersamanya.

Daftar Pustaka
Murdilarto dan Edi Istiyono.2008.FISIKA 2 SMP KELAS VIII.Jakarta: Quadra
http://id.wikipedia.org/wiki/Gelombang


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates